Searching...
Friday 17 January 2014

Visual Basic 2010 Pelajaran 2-Bekerja dengan Controls

Kontrol dalam Visual Basic 2010 adalah alat yang dapat ditempatkan dalam bentuk untuk melakukan berbagai tugas. Kita dapat menggunakannya untuk membuat segala macam aplikasi Windows. Diagram di bawah ini menunjukkan Toolbox yang berisi kontrol dari Visual Basic 2010. Mereka dikategorikan ke dalam Kontrol umum, Containers, Menu, Toolbar, Data, Komponen, percetakan dan Dialog. Pada saat ini, kita akan fokus pada kontrol umum. Beberapa yang paling umum adalah menggunakan kontrol Button, Label, ComboBox, ListBox, PictureBox, TextBox dan banyak lagi.

Untuk memasukkan kontrol ke formulir Anda, Anda hanya perlu untuk menyeret kontrol dari kotak alat dan menjatuhkannya ke dalam formulir. Anda dapat reposisi dan mengubah ukurannya yang Anda inginkan. Mari kita memeriksa beberapa contoh yang memanfaatkan Button, Label, TextBox, ListBox dan PictureBox. Anda tidak perlu khawatir begitu banyak tentang kode namun karena saya akan menjelaskan sintaks program karena Anda maju ke pelajaran nanti.
 



 
 Ketika Anda mengklik pada tab Toolbox, kontrol umum Toolbox akan muncul.
 





2.1 Membuat program pertama Anda
Untuk membuat program pertama Anda, tarik tombol kontrol ke dalam formulir, dan mengubah teks default Button1 untuk OK di jendela properti, kata OK akan muncul pada tombol dalam bentuk, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

 
















Sekarang klik pada tombol OK dan jendela kode muncul. Masukkan kode sebagai berikut:
  



Ketika Anda menjalankan program dan klik pada tombol OK, kotak dialog akan muncul dan menampilkan "WELCOME TO VISUAL BASIC 2010" pesan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:



Ada Anda, Anda telah membuat program pertama Anda Visual Basic 2010.
2.2 Menggunakan Text Box
 

Berikutnya saya akan menunjukkan cara untuk membuat sebuah kalkulator sederhana yang menambahkan dua angka menggunakan kontrol TextBox. Dalam program ini, Anda memasukkan dua kotak teks, tiga label dan satu tombol. Dua teks

0 komentar:

Post a Comment